Proses


The wind blows out candle
sumber dari Google

Paragraf pertama dari halaman pertama di buku harian saya adalah “Tidak menunggu apalagi menanti. Kenapa, ya?”

Pundak saya terasa berat padahal tidak sedang memikul apapun. Beban tak nampak yang rasanya sama seperti berat sepuluh karung beras itu harus saya pikul kemana pun saya pergi. “Kenapa ia harus menghantui orang yang bahkan belum tahu jalan hidupnya?”

Saya, seperti sedang perang melawan diri sendiri. Saya jadi sering berpikir sebelum berjalan ke depan, merasa tidak tenang jika hanya diam di tempat, tapi tidak bisa mundur meski hanya satu langkah.

Saya, seperti sedang dipermainkan oleh perasaan sendiri. Saya merasa khawatir pada sesuatu yang sebelumnya hanyalah hal kecil. Belakangan ini sering merasa tidak ingin menjalani suatu waktu hanya karena sesuatu yang tidak ingin saya jalani atau ingin cepat melewati suatu waktu hanya karena sesuatu yang ingin segera saya lewati.

Saya, seperti sedang mengumpulkan nyali untuk menerobos hujan. Saya tidak tahu apakah akan merasa senang ketika tahu ada seseorang menunggu dibalik derasnya atau malah kecewa ketika tahu pelangi pun enggan hadir.

Saya, perempuan yang esok genap menginjak usia dua puluh. Saya seperti dipaksa memikirkan kehidupan seorang perempuan dewasa; masa depan dan pasangan. Saya takut jika esok tidak bisa menjadi seseorang, saya takut jika hanya menjadi figuran.

Saya, yang baru saja bertemu Tuhan lewat sujud disepertiga malam. Semoga setiap hasil tidak pernah mengkhianati proses. Semoga setiap api di atas lilin tidak padam sebelum waktunya. Semoga.

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Proses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s