Jadi Mahasiswi Jurnalistik


img_0249

Setelah lebih dari 2 minggu resmi jadi mahasiswi jurnalistik, tetep aja kalau belum “liputan” kayaknya masih ada yang kurang. Dannn… akhirnya sesuatu yang gue tunggu kejadian juga. Dosen mata kuliah penulisan berita akhirnya jadwalin liputan. Walaupun liputan pertama ini cuma ke Jakarta, tapi tetep aja ini sesuatu yang baru buat gue.

Bareng anak kelas, gue berangkat ke Bundarahan HI dengan pakai almamater. Awalnya keliatan keren sih, tapi lama-lama gerah juga. Apalagi Jakarta panasnya poool!

Tugas liputan kali ini, gue disuruh observasi dan deskripsiin apa yang gue lihat seputar lingkungan dari Sudirman sampai Monas. Keliatannya sih gampang, sampai-sampai gue sibuk ngobrol doang di sepanjang jalan, sisanya foto-foto. Tapi pas udah pulang dan duduk berhadapan di depan laptop, gue bingung mau nulis apa. Rekaman wawancara dari narasumber yang gue pilih pun cuma gue dengerin aja.

Bingung. Tapi nggak usah mikirin tugas gue, lagian tulisan ini bukan bercerita tentang kebingungan gue, hehe.

Intinya, kalau kalian ada yang juga baru jadi mahasiswa jurnalistik dan ada tugas liputan untuk pertama kalinya. Gue mau ngasih saran, mudah-mudahan berguna.

  1. Siapin mental. Kalau liputan kalian outdoor kayak gue gini, mental jadi hal penting. Lo jangan sampai lelah sebelum waktunya karena kalau teman-teman lo udah dapet banyak bahan, tapi lo masih berkutik dengan rasa lelah, lo ketinggalan dong.
  2. Cari tahu apa yang mau lo liput. Jadi mahasiswa jurnalistik, rasa “ingin tau” harus jadi modal utama. Seenggaknya biar lo nggak buta-buta banget sama apa yang mau lo liput.
  3. Pulpen, kertas, rekaman. Kalau lo merasa ingatan lo tajam, lo nggak perlu nyiapin pulpen, kertas, dan rekaman. Tapi sedia payung sebelum hujan, bukannya lebih baik?
  4. Gunain panca indera. Percaya apa enggak, panca indera amat berguna. Kuncinya cuma satu, fokus.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s