Masa yang Mau Pergi


Nyadar nggak sih, akhir-akhir ini kok waktu berjalan makin cepat, ya? Apa karena kiamat udah deket? Rasanya baru kemarin gue pakai seragam sekolah, tapi kenyatannya, “kemarin” itu udah berlalu selama 13 tahun.

Setahun terakhir menyandang status siswa, kebiasaan aneh gue makin nggak karuan. Kali ini, gue suka terpaku karena ruang kelas. Kalau dateng kepagian, gue suka berdiri di depan pintu, ngamatin ruang kelas yang sepi. Kalau mau pulang, gue suka ngeliatin kelas lain yang masih belajar, ngintip-ngintip lewat jendela paling belakang, ngamatin ruang kelas yang sibuk.

Keliatannya sih kebiasaan itu cuma-cuma, padahal selama gue diam ngamatin, batin gue sibuk sendiri. Kayak lagi ngitung waktu untuk pergi, tapi nggak tau ucapan “selamat tinggal” bakal dititipin ke siapa.

 

Kalau dipikir-pikir, sedih juga, ya… Sekarang nggak bisa nyalahin siapa-siapa, mungkin emang masanya udah abis. Mereka yang dulu ada, kini bersiap mau pergi. Perihal kembali, mereka belum bisa berjanji. Tapi yang terindah nggak akan pernah tergantikan, kan? –Nanda, kelas XII.

 

Leave a Reply

