Orang Tanpa Sejarah


Apa yang telah aku lakukan demi negeriku? Siapa orang yang berkenan mengukir namaku disebuah monumen ternama di negeri ini? Siapa orang yang bersedia mencantumkan namaku sebagai salah satu orang berpengaruh di dunia?

Seragamku masih putih abu-abu, adakah orang yang bersedia menopang dagu hanya untuk berkhayal tentang masa depan bersamaku? Aku tidak keberatan, sungguh. Sungguh aku sanggup bila harus menuliskan kisah hidupku di sebuah buku besar. Tapi siapa yang nantinya sudi membaca buku yang akan kuberi judul “Aku” itu?

Bagaimana jika anak sekolah sepertiku yang suka dengan pelajaran bahasa Indonesia berniat membangun negeri? Bagaimana jika anak sekolah sepertiku yang suka dengan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bermimpi menjadi presiden? Bagaimana jika anak sekolah sepertiku yang suka pelajaran Akuntansi berusaha berlaku jujur dan membasmi koruptor? Bagaimana jika anak sekolah sepertiku yang tidak suka pelajaran Olahraga bisa meraih banyak mendali emas untuk negeri?

Kalau Pak Soekarno punya sejarah, kalau Pak Hatta punya sejarah, kalau Pak BJ Habibie punya sejarah lalu mereka bisa membangun negeri, lalu bagaimana dengan orang-orang yang kini berlomba ingin menjadi penguasa negeri –yang tanpa sejarah- apakah layak kami pilih, Pak, Bu?

Bapak, Ibu Guru, tidak adakah orang-orang yang lebih bermoral yang dapat kami jadikan pemimpin? Tidak adakah pekerjaan suci tanpa dibumbui dengan tindak kecurangan? Kami merasa telah diracuni, perang pikiran merajalela semaunya. Kanan kiri spanduk rokok, kanan kiri suap menyuap, kanan kiri sogok menyogok, kanan kiri orang mati karena narkoba. Mau jadi apa kami ini?

Orang-orang tanpa sejarah kini berlomba ingin memimpin negeri. Orang-orang tanpa sejarah kini menguasai negeri. Semua karena politik, semua di latar belakangi uang. Mungkinkah fauna yang mati pun masih didasari dengan unsur politik? Memilukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s