Dunia Memandang “Mereka”


Mencari jati diri, di mata gue, menjadi salah satu proses yang pasti dilalui setiap orang. Umumnya, proses itu berlangsung di masa-masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Dan proses itu menjadi amat penting untuk menentukkan jalan seseorang ke depannya. Tapi kalau jalan itu nggak sebagaimana mestinya, berarti ada sesuatu yang nggak mulus selama proses itu.

Sore ini, perjalanan pulang gue di metromini 506 jurusan Kp. Melayu-Stasiun Cakung ditemani oleh “seseorang yang spesial”. Kenapa spesial? Karena gue nggak bisa bedain, dia itu laki-laki atau perempuan. Sampai saat dia manggil “sayang” untuk seseorang diujung telepon, gue nggak tau orang yang dia telepon itu cewek atau cowok.

((gue kalau bingung, suka sebel sendiri…))

Tapi kebingungan gue selesai setelah gue tau gender mereka. Si penelepon ((orang di metromini)) rambutnya emang dipotong gaya cowok, gaya berpakaian sampai gaya duduk juga cowok banget, tapi dia nggak punya jakun. Dan yang terpenting, suaranya nggak bisa bohong. Jelas, dia cewek.

Kalau si penelepon ini cewek dan dia manggil “sayang” buat seseorang diujung telepon, berarti si penerima telepon ini udah pasti cowok. Tapi dugaan gue terpatahkan setelah dialog, “Iya ini wallpaper di hp aku udah aku ganti, jadi foto kita”. Lah, ternyata si penerima telepon juga cewek.

Jadi masalahnya, apa mereka memiliki jalan yang nggak semestinya? Apa proses mencari jati diri yang mereka lewati nggak berjalan mulus? Kalau mereka benar-benar mengubah kodrat, meskipun itu mutlak dibenci Tuhan, tapi biarlah itu jadi urusan mereka.

Nggak ada yang tau seberapa hebat pertikaian yang terjadi di dalam batin mereka. Bahkan apakah pertikaian batin itu udah bisa mereka atasi atau belum, hanya mereka yang tau. Karena mereka nggak sekuat yang kita kira, maka harusnya cara dunia memandang mereka pun harus berubah. Mereka nggak bisa disalahkan. Yang harus disalahkan, kenapa jumlah mereka kini semakin banyak?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s